Melihat 3 Kunci SUkses Timnas Indonesia Saat Melawan Timnas Malaysia pada Piala AFF 2020

default featured image
prediksi malaysia vs indonesia x480
source gambar : bolanusantara.com

 

Berita sepakbola indonesia terbaru masihlah berkaitan dengan kemenangan timnas Indonesia melawan timnas Malaysia yang terjadi pada babak penyisihan grup B. Pertandingan tersebut menghasilkan timnas Indonesia yang menjadi juara grup B karena timnas Indonesia berhasil mendapatkan 10 poin dan unggul dibandingkan dengan runner up, yakni timnas Vietnam.

Kemudian, kepastian mengenai keberhasilan timnas Indonesia untuk melaju ke babak semifinal terlihat setelah Indonesia memenangkan pertandingan melawan Malaysia yang berlangsung di Stadion Nasional, Kallang, Singapura pada hari Minggu, 19 Desember 2021 malam Waktu Indonesia Barat.

Gol-gol yang ditembakkan oleh timnas Indonesia sendiri merupakan sumbangan dari Irfan Jaya pada menit ke-36 dan ke-43, Pratama Arhan pada menit ke-50, serta Elkan Baggott pada menit ke-82. Sementara itu, timnas Malaysia sendiri pada awalnya memang lebih unggul karena ada Kogileswaran Raj yang berhasil mencetak gol ke gawang skuad Garuda pada menit ke-13. Akan tetapi setelah itu ternyata timnas Indonesia berhasil menyeimbangkan skor dan bahkan unggul dari Malaysia.

Melalui kemenangan Indonesia, maka poin skuad Garuda akan menyerupai poin yang diperoleh timnas Vietnam. Apalagi, kedua timnas ini sama-sama memiliki selisih gol sebanyak sembilan gol. Namun, perlu diingat bahwa timnas Indonesia bisa mendapatkan sebutan juara grup B karena Indonesia unggul dalam segi produktivitas gol. Pasalnya, Indonesia bisa mendapatkan 13 gol dibandingkan Vietnam yang mendapatkan sembilan gol.

Melalui perolehan poin yang dicetak oleh pemain timnas Indonesia, maka kita bisa melihat betapa luar biasanya pertandingan dan performa skuad Garuda dalam menghadapi lawan. Apalagi, skuad Garuda sendiri memang unggul dalam hal serangan karena timnas Indonesia memang lebih banyak melakukan serangan. Akan tetapi, ternyata dalam hal penguasaan bola, keduanya sebenarnya relatif imbang.

Melalui permainan yang dilakukan dengan taktik menyerang, Irfan Jaya dan kawan-kawan menunjukkan performa yang lumayan apik. Pasalnya, ada banyak upaya serangan yang selalu pada akhirnya berujung pada tembakan. Namun di samping itu, mereka pun dapat melakukan permainan dengan cara bertahan serta menunjukkan solidaritas yang kuat, meskipun memang pada awalnya mereka sempat kebobolan terlebih dahulu.

Melalui adanya penampilan dari skuad Garuda, kita setidaknya dapat melihat 3 kunci kesuksesan dari timnas Indonesia. Pertama, timnas Indonesia tidak sama sekali bertumpu pada satu taktik agar bisa melakukan serangan. Mereka selalu memvariasikan serangan sehingga pada akhirnya serangan tersebut bisa lebih atraktif.

Sementara itu, hal ini membuat mereka mencetak empat gol pada pertandingan terakhir melawan Malaysia. Gol pertama merupakan penetrasi sisi sayap yang kemudian akan diteruskan pada umpak tarik. Kemudian gol kedua terjadi setelah adanya penetrasi pada bagian tengah dan menuju ke kotak penalti lawan.

Sementara itu, gol ketiga muncul karena adanya kecerdasan Irfan Jaya untuk memanfaatkan bola liar dari lawan. Karena adanya gaya permainan ini, Malaysia kewalahan menghadapi Indonesia yang terus melakukan serangan.

Kedua, kunci kesuksesan timnas Indonesia juga terlihat pada kerja sama yang rapi. Timnas Indonesia melakukan umpan-umpan yang pendek yang dapat mereka andalkan sehingga mereka bisa lebih unggul dibandingkan dengan tim Malaysia. Lagi-lagi, hal penting yang harus diperhatikan ialah kerjasama.

Sementara itu, kunci kesuksesan ketiga terletak pada wingback yang optimal karena bek kanan, yaitu Asnawi Mangkualam sangat dapat diandalkan oleh timnas agar bisa membantu dalam hal serangan. Tentu saja. Hal ini justru dimanfaatkan dengan cara membuat ia seolah pasif. Itulah berita sepakbola indonesia terbaru di ajang piala AFF 2020.