Jika Water Pump Mobil Hyundai Rusak

water pump mobil korea

Apa yang Terjadi Jika Water Pump Mobil Hyundai Rusak?

Water pump mobil hyundai rusak di bagian sistem pendingin mengakibatkan kerusakan pada mesin. Kebocoran yang kerap terjadi disebabkan oleh adanya seal aus. Sehingga perlunya melakukan pengecekan secara rutin guna mengetahui setiap masalah pada komponen dan onderdil akan lebih cepat diperbaiki.

Efek yang Terjadi Jika Water Pump mobil hyundai Rusak

Kerusakan yang terjadi pada onderdil water pump mobil korea ini sebaiknya segera diatasi. Apabila hal ini dibiarkan terlalu lama maka akan menyebabkan masalah fatal di komponen mesin. Sebab sparepart water pump yang sudah rusak akan membahayakan mesin jika masih tetap digunakan untuk berkendara.

Sistem pendingin tidak dapat bekerja secara maksimal dan menyebabkan suhu panas di bagian mesin. Efek dari kerusakan ini akan membuat mesin overheat klep menjadi bengkok, piston lecet dan bushing klep pecah. Lebih parahnya lagi akan membuat komponen penting ini berlubang.

Akibat water pump mobil hyundai rusak bisa menyebabkan oli langsung bercampur bersama air suku cadang radiator. Dengan membiarkan hal ini terjadi pastinya akan berbahaya. Komponen mesin juga bisa macet karena tidak dilumasi lagi oleh oli mesin sehingga piston dan silindernya menjadi baret.

Sehingga penting bagi pemilik mobil untuk melakukan pemeriksaan onderdil water pump secara berkala. Fungsinya guna menghindari bahaya yang akan terjadi pada kendaraan. Sebab jika sudah mengalami kerusakan fatal akan membutuhkan biaya yang sangat mahal untuk memperbaiki.

Ciri Kerusakan Water Pump mobil hyundai  Yang Harus Diwaspadai

  1. Water Pump Bocor

Salah satu ciri yang dapat terlihat adanya kerusakan pada onderdil water pump adalah kebocoran. Pada umumnya kebocoran ini dapat terjadi di sekitar area water pump saja. Pertanda adanya sparepart water pump bocor ada tetesan dari air radiator di bawah kendaraan.

Maka dari itu silahkan untuk melakukan pengecekan pada komponen tersebut. Carilah dari mana tetesan air sparepart radiator berasal agar memudahkan untuk melakukan perbaikan. Jika kondisinya sudah seperti ini jangan tunda terlalu lama karena akan berakibat fatal pada mesin kendaraan.

Penggunaan air radiator disarankan lebih baik menggunakan coolant. Sebab jika terjadi kebocoran akan mudah terlihat dan mempercepat untuk penanganan pada water pump yang telah rusak. Apabila menggunakan air biasa maka tidak bisa terlihat karena airnya akan cepat menguap.

water pump mobil korea

  1. Fan Belt Berbunyi Keras

Tanda water pump mobil hyundai rusak akan menimbulkan bunyi yang berisik pada fan belt. Hal ini disebabkan oleh drive belt yang mulai kendor bahkan terus terseret pada mesin kendaraan. Sehingga membuat putaran water pump ini menjadi tidak maksimal.

Maka akan membuat suara bising karena kondisi drive belt sangat kasar. Bunyi yang dihasilkan semakin lama makin keras apabila tidak segera diperbaiki. Ciri ini bisa dirasakan dengan hanya menyalakan mesin kendaraan.

  1. Air Radiator Tidak Bersirkulasi

Fungsi utama dari sparepart water pump adalah memberikan sirkulasi air pada radiator. Air radiator dengan sirkulasi yang baik mampu membuat suhu mesin menjadi normal dan tidak mudah panas. Namun jika komponen ini mengalami kerusakan maka air pendingin tidak tersirkulasi secara maksimal.

Ketika tutup dari onderdil radiator ini dibuka saat kondisi mesin menyala maka airnya akan langsung menyembur. Apabila air tersebut menyembur keluar artinya sirkulasinya sedang terhambat. Tentu kondisi ini akan berhubungan dengan keberadaan water pump yang mengalami kerusakan fatal.

Ternyata dampak yang ditimbulkan oleh onderdil water pump mobil hyundai rusak cukup banyak di bagian mesin dan radiator. Bagi pemilik mobil baru bisa mengenali masalah ini dengan melihat ciri-cirinya. Guna menghindari kejadian tersebut maka lakukan perawatan secara rutin suku cadang agar tidak berakibat fatal.